Komponen Visual Merchandising

 


Visual merchandising memiliki beberapa komponen penting yang harus diperhatikan, yaitu:

Titik Fokus

Titik fokus pada visual merchandising yaitu tampilan produk harus bisa memberikan pesan singkat atau informasi pada konsumen hanya dalam kurun waktu 3-5 detik. Jadi, penataan produk yang baik harus membuat konsumen mampu mengetahui produk apa yang dijual dalam waktu singkat dengan hanya melihat tampilan produknya.

Warna

Pemilihan warna sangat berpengaruh terhadap kesan yang ingin disampaikan untuk menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, pilihlah warna yang sesuai dengan kesan yang ingin disampaikan.

Tema

Suasana yang ditampilkan juga bergantung pada tema yang dikonsepkan. Tema ini juga dapat memengaruhi citra toko di mata konsumen.

Brand Logo

Brand logo memiliki keterkaitan dengan pemilihan warna. Usahakan pemilihan warna pada toko senada dengan warna brand logo agar terjadi keselarasan tampilan antara warna toko dengan warna brand logo.

Props (Atribut)

Perlu adanya props (atribut) tambahan untuk menguatkan kesan toko dan produk. Props (atribut) yang digunakan bisa berupa bentuk, warna, atau karakter.

Kerapian dan Kebersihan

Selain menarik, tampilan toko dan produk juga harus rapi dan bersih. Kerapian dan kebersihan dapat membuat konsumen menjadi lebih nyaman ketika berbelanja.

Pergantian Tampilan

Pergantian tampilan perlu dilakukan secara berkala agar tampilan tidak monoton dan membosankan. Kalau di negara-negara 4 musim, biasanya pergantian tampilan akan dilakukan setiap 3 bulan sekali mengikuti pergantian musim, karena produk yang dijual pun juga akan berubah sesuai musim. Misalnya, saat musim panas, produk buah-buahan musim panas seperti semangka, nanas, dan melon akan lebih banyak muncul dibandingkan saat musim dingin. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Afiliasi Pemasaran

SOP Bukti Administrasi Transaksi