Fungsi dan Manfaat Administrasi Transaksi
Fungsi Administrasi Transaksi
Pencatatan
Semua transaksi keuangan harus dicatat dalam buku atau sistem administrasi sesuai ketentuan perusahaan.
Pemeliharaan
Semua dokumen atau buku keuangan yang berhubungan dengan transaksi harus dijaga dan diamankan di tempat yang aman.
Penyediaan
Pastikan akses informasi tentang transaksi keuangan sudah diatur ke setelan public agar mudah diakses oleh tim keuangan lainnya.
Pengerjaan
Pengerjaan dokumen atau buku transaksi keuangan, harus disesuaikan dengan SOP perusahaan agar tidak ada kesalahan saat pengerjaan.
Manfaat Administrasi Transaksi
Sebenarnya manfaat administrasi transaksi tidak jauh berbeda dengan fungsinya, hanya saja untuk sebagian perusahaan merasa manfaat ini punya dampak jangka waktu yang panjang.
Contoh, saat tim keuangan melakukan pencatatan administrasi transaksi setiap bulannya, maka perusahaan akan punya dokumentasi transaksi bulanan yang telah disusun rapi dan terstruktur.
Makanya, saat rapat hasil penjualan dengan partner bermitra, perusahaan sudah punya data-data yang ingin dipresentasikan. Selain itu, perusahaan akan jauh lebih mudah saat menangani konsumen, kalau konsumen mendadak komplain.
.jpeg)
Komentar
Posting Komentar