Iklan Online : Pengertian
Iklan online kian cepat berkembang sebagai strategi pemasaran yang dipraktikkan oleh hampir semua jenis usaha. Apa pun bidang bisnis yang dijalankan, strategi ini dapat memberikan manfaat yang tak diperoleh dari jenis iklan lain. Jika Anda sedang menggeluti suatu usaha, strategi beriklan dengan media online bisa menjadi pilihan yang tepat karena bersifat inklusif, terjangkau, dan relatif mudah dikelola. Apalagi cakupan promosi online sangat luas hingga lintas negara tapi tetap dengan target spesifik.
Pengertian Iklan Online
Menurut kamus Techopedia, definisi iklan online adalah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan Internet sebagai medium untuk meraih trafik atau kunjungan ke situs serta menargetkan dan menyampaikan pesan pemasaran ke pelanggan yang tepat. Jenis pemasaran ini mulai berkembang pada era 1990-an, sejalan dengan perkembangan dunia digital dan popularitas teknologi Internet. Maka iklan online juga sering disebut iklan digital atau iklan Internet.
Sekilas memang iklan online tampak sederhana. Tapi pemasangan iklan di Internet membutuhkan perencanaan yang benar-benar matang agar tujuannya tercapai. Apalagi dunia Internet bisa dikatakan sebagai dunia tanpa batas. Artinya, kompetisi di dunia maya pastinya keras, termasuk dalam urusan pemasaran.
Internet di sini bukan hanya berarti laman situs-situs yang dapat diakses via laptop atau komputer. Iklan di Internet bisa tampil di banyak tempat, dari laman situs, laman hasil pencarian search engine, media sosial, email, aplikasi di gawai, video di situs berbagi video, podcast di laman siniar, dan banyak lagi.
Selain itu, tujuan pemasangan iklan di Internet tak semata-mata untuk mendatangkan penjualan. Ada iklan online yang dipasang guna meningkatkan kesadaran atau awareness publik terhadap merek yang diiklankan. Ada yang ingin menjangkau calon konsumen baru. Ada pula yang hendak membangun dan menjaga loyalitas pelanggan. Bahkan semua tujuan itu bisa digarap sekaligus lewat suatu iklan tertentu.

Komentar
Posting Komentar